Monday 30 March 2015

China Bangkitkan Kembali Progam Destroyer Besar


Angkatan Laut China dikabarkan mulai membangun kapal perusak dipandu rudal Type 055. Hal tersebut disebutkan media pemerintah Global Times berdasarkan foto-foto yang diuplode di sejumlah forum militer China. Meskipun keaslian foto tersebut belum dikonfirmasi.

Gagasan China membangun Type 055 yang merupakan kapal skala besar ini sudah ada sejak tahun 1968 tetapi tidak pernah terealisasi. Salah satunya karena China tidak memiliki teknologi untuk membangun kapal perang tersebut. Angkatan Laut PLA mengandalkan pesawat, kapal selam dan kapal motor selama Perang Dingin karena China juga tidak memiliki anggaran untuk memproduksi kapal perusak dan fregat dalam jumlah besar.


Pada tahun 1981, pengembangan Type 055 kapal secara resmi ditunda. Jika foto terbukti benar, maka berarti China telah memulai kembali program tersebut. China tentu telah memperoleh pengalaman yang dibutuhkan untuk merancang dan membangun kapal tempur besar setelah membangun kapal Type 052D. Meskipun kapal dengan bobot 7.500 ton terlalu kecil untuk membawa cukup rudal untuk sistem peluncuran vertikal.

Untuk meningkatkan efektivitas armada di laut terbuka, China membutuhkan kapal lebih besar dari tipe 052D tersebut di masa depan. Dan  kapal Tyipe 055 diyakini cukup besar untuk membawa dua helikopter. Sama seperti Arleigh Burke kelas perusak AS. Jumlah sistem peluncuran vertikal Type 055 bisa mencapai 96. Sementara  dari Type 052D baru 64.

Sumber: Want China Times

No comments:

Post a Comment