Friday 12 June 2015

Bomber dan Jet Tempur China Merapat ke Laut China Selatan


Info Militer Terbaru-Sejumlah jet tempur dan bomber China digeser ke Pasifik Barat dekat dengan zona identifikasi pertahanan udara (Adiz) Taiwan dan Filipina. Juru bicara Angkatan Laut PLA Liang Yang mengatakan pesawat mereka bergabung dengan armada hari Rabu pagi untuk latihan dari Bashi Channel, yang berada di antara Pulau Y’Ami Filipina dan Lanyu atau Orchid Island Taiwan.

Pesawat dikerahkan termasuk pembom strategis H-6G / K dan jet tempur superioritas udara J-11B.

Sebagaimana dikutip Want China Times Kamis 11 Juni 2015, Liang mengatakan latihan ini rutin digelar setiap tahun dan sesuai dengan aturan internasional. “Latihan ini tidak ditujukan untuk negara, daerah atau target tertentu,” kata Liang serta menambahkan hal itu juga tidak mempengaruhi kebebasan navigasi atau penerbangan di wilayah tersebut.


China terlibat dalam sengketa teritorial baik di Laut Cina Timur Laut dan Laut Cina Selatan, di mana ketegangan semakin tinggi akibat dari reklamasi lahan China pada terumbu dan pulau-pulau yang disengketakan. Negara-negara seperti Amerika Serikat telah menuduh China menghambat kebebasan navigasi di kawasan tersebut. “Ke depan, latihan yang sama dan latihan akan terus berlangsung,” kata Liang.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengatakan akan memantau latihan ini karena dilakukan dekat mereka dan  menambahkan bukan pertama kalinya Cina telah melakukan latihan di daerah.

No comments:

Post a Comment