Friday 12 June 2015

Kapal Induk Pertama Buatan India Masuk Air


Info Militer Terbaru-Kapal induk India buatan dalam negeri membuat langkah maju dengan melakukan undocked (masuk air) pertama. Undocked INS Vikrant dilakukan dalam upacara sederhana di Cochin Shipyard Limited Rabu 10 Juni 2015.

Kapal, dibangun di CSL, akan menjalani serangkaian uji coba dan proses fitment sebelum siap untuk propulsi dan dilantik ke Angkatan Laut, kata para pejabat CSL sebagaimana dikutip dtv.com.

Jika berhasil menyelesaikan kapal induk seberat 40.000 ton ini maka akan menempatkan India dalam kelompok elit empat negara di dunia yang mampu merancang dan membangun kapal induk. Empat negara lain adalah  AS, Rusia, Inggris dan Prancis.

Desain dasar dari kapal induk dalam negeri dilakukan oleh Direktorat Naval Design, Angkatan Laut India yang kemudian dikembangkan menjadi desain rinci oleh tim desain CSL.

Kapal ini memiliki panjang lebih dari 260 meter dan luasnya 60 meter. Memiliki dua landasan pacu dan landasan take-off dengan tiga kabel pengait dan mampu menampung sejumlah jet tempur termasuk Tejas buatan dalam negeri serta berbagai helikopter dengan fasilitas hanggar.

Setelah mengambang ke air akan dilanjutkan dengan uji mengambang sebelum kemudian uji pelayaran.

No comments:

Post a Comment